Program Tahunan

Amal Bakti Santri (ABAS)

Merupakan program sosial yang diikuti oleh seluruh santri, baik putra maupun putri. Program ini berlangsung sekitar 4 – 5 hari dan bertempat di daerah – daerah perdesaan yang jauh dari keramaian kota. Acara ini dikemas dalam bentuk pembagian sembako dan mengirim santri ke rumah – rumah warga yang masuk kategori masyarakat ekonomi menengah kebawah untuk tinggal di dalamnya. Di rumah – rumah warga ini nantinya, santri mendapatkan tugas mendalami peran dan turut langsung membantu kegiatan yang dilakukan oleh tuan rumah. Sebagai contoh, jika tuan rumah seorang pedagang keliling, maka santri wajib turut aktif menjajakan dagangan tersebut. Atau jika tuan rumah seorang buruh tani, maka santri turut aktif membantu melakukan kegiatan bertani.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengasah kepekaan para santri terhadap kehidupan sosial yang ada disekitarnya. Dengan melihat dan turut terjun langsung pada keluarga ekonomi menengah ke bawah ini, para santri mendapatkan pelajaran penting tentang mensyukuri kehidupan. Karena, boleh jadi mereka, para santri, lebih beruntung dari isi ekonomi jika dibandingkan dengan sebagaian warga pernah dimana acara ABAS berlangsung.

 

Dakwah Santri (DS)

Merupakan program tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Ramadhan dan diikuti oleh santri tingkat SMA. Dengan kelompok – kelompok kecil, para santri ditempatkan di daerah yang minim dai dan pengajar agama. Sehingga tujuan dari program ini tercapai. Adapun di antara tujuannya adalah;

Menguji mental para santri untuk tampil di tengah masyarakat sebagai pendakwah serta menguji kecakapan untuk berbaur dan berinteraksi.

Menguji kemampuan mereka memakmurkan masjid – masjid dan surau – surau dengan berbagai kegiatan keislaman.

Mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari di MBS dalam bentuk ceramah, khutbah dan mengajar TPA

 

Kemah Santri

Kemah santri merupakan satu agenda yang diikuti oleh sebagian besar santri kecuali santri kelas 12 SMA dan 9 SMP. Secara teknis, acara ini dipandu langsung oleh pembina kepanduan Hizbul Wathan (HW). Diselenggarakan acara ini bertujuan sebagai berikut;

Menumbuhkan kemandirian dan keberanian, kreatifitas dalam diri setiap santri

Melatih kepemimpinan, tanggung jawab dan kedisiplinan

Mengajarkan kepada santri arti sebuah kerja sama

Memupuk kepedulian para santri terhadap kelestarian alam sekitar

 

Ujian kenaikan tingkat tapak suci

Ujian kenaikan tingkat bagi kader tapak suci putra muhammadiyah dilaksanakan setiap tahun melibatkan seluruh santri yang ada. Kegiatan ini selain menguji kemampuan mereka dalam hal bela diri juga menjadi ajang pengkaderan untuk mecari bibit unggul yang akan membawa nama harum MBS dibidang olahraga pencak silat.

 

Pentas seni dan kreatifitas santri (event – event tertentu)

Acara pentas seni ini diadakan beberapa kali dalam setahun. Seperti, gebyar Muharram, Semarak Idul Adha dan jelang kelulusan (wisuda) kelas 12 SMA. Tujuan diadakannya acara ini antara lain untuk menumbuhkan kreatifitas santri dalam bidang seni. Diantara pentas seni yang sering menjadi agenda rutin adalah

  • Gelar pentas drama bahasa arab
  • Festival nasyid
  • Lomba kaligrafi

 

Pembekalan life skill

Program ini dikhususkan untuk para santri tingkat akhir di kelas 6 (enam) selepas mereka menyelesaikan ujian pondok, jeda waktu yang ada digunakan untuk memberikan bekal kemampuan dalam life skill berupa pelatihan yang bermanfaat dan bisa dipraktekan selepas mereka berada di lingkungan masyarakat.

Pin It on Pinterest