Kemah Akbar Santri MBS, “Santri Itu Harus Basthotan Fil ‘Ilmi Wal Jismi”

Untuk yang kesekian kalinya PPM MBS menyelenggarakan Perkemahan Akbar untuk santri kelas 7, 8, takhasus, 10 dan 11, di Bumi Perkemahan Jasman Al Kindi Puslitbang Dikti Muhammadiyah dan Buper Girikaton Camping Ground. Ahad pagi (22/04/2018), tepatnya pukul 08.00 acara dimulai dengan Upacara Pelepasan Kontingen Kemah Akbar yang terdiri kurang lebih 1400 an peserta ini diadakan di kompleks putra dan putri. Ustadz Saefuddin melepas kontingen putra, sementara itu kontingen putri di lepas oleh Ustadz Muflikh Najib selaku kabag kemakhadan. Sesampainya di bumi perkemahan, kontingen putra yang menempati bumi perkemahan Jasman Al Kindi mendapatkan kesempatan terlebih dahulu untuk mengawali pembukaan acara. Berada di belakang gedung Museum Gunung Merapi (MGM), Ramanda Bazar Marzuki selaku Sekretaris umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Muhammadiyah membuka upacara pembukaan Kemah Akbar dengan jumlah peserta putra sekitar 725.

Sementara itu, di tempat terpisah, peserta kemah akbar putri yang menempati bumi perkemahan Girikaton camping ground, baru mengawali acaranya bakda ashar. Dengan jumlah peserta kisaran 697 anak, Ramanda Bazar kembali membuka secara resmi acara kemah tahunan ini. Selesai upacara, satu demi satu kontingen berjalan rapi menuju bumi perkemahan (buper) yang terletak di lereng gunung merapi, dengan diiringi yel-yel andalan dari tiap-tiap kelompok, suasana panas pada sore hari itu berubah menjadi sejuk dan rindang. Setibanya di buper, seluruh peserta segera mendirikan tenda untuk tempat beristirahat pada malam harinya.

Ini adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh santri pecinta kegiatan Hizbul Wathan, karena disini mereka bisa bebas bersenang-senang, riang gembira menghilangkan semua kejenuhan yang mereka rasakan. Dari sini pula, jiwa  kemandirian, kemasyarakatan, cinta alam dan peduli terhadap sesama akan tumbuh pada diri tiap individu dari mereka, sehingga dikemudian hari, mereka dapat hidup mandiri dan menjadi orang yang selalu memberikan manfaat juga pengaruh positif terhadap masyarakat dimanapun mereka berada. Sesuai dengan agenda yang telah terjadwal, kegiatan kemah akbar santri ini akan berlangsung selama empat hari, dimulai sejak tanggal 23 dan berakhir hari kamis tanggal 26 April.

 

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest