“Simple Ways Healthy Life Style” Bersama dr.Nuclear Adiwena

Healthy food, healthy mind, hygine life, manage time dan healthy social life, kurang lebih seperti itu pokok materi yang disampaikan dr. Nuclear Adiwena dalam acara yang bertajuk “Healthy Life Style” di masjid kompleks asrama putri PPM MBS Sleman Yogyakarta, Selasa ( 10/04/2018 ). Acara yang digagas bagian kemakhadan putri ini diikuti santri dari kelas 7,8 SMP dan 10,11 SMA.

Kegiatan pagi itu adalah rangkaian acara yang telah menjadi agenda bagian kemakhadan bekerjasama dengan IPM dalam rangka mengisi waktu rehat KBM bagi santri yang tidak mengikuti kegiatan UNBK dan USBN. Bersama dr. Nuclear yang tak lain juga jebolan dari pesantren ini memulai acaranya dengan penuh semangat. Diawali dengan kisahnya waktu nyantri dulu, menambah chemistry yang terjalin dengan santri yang hadir menjadi semakin akrab.

Pria yang berprofesi sebagai dokter di Rumah Sakit Jogja Internasional Hospital (JIH) ini menambahkan, sekarang banyak penyakit tidak menular yang menjangkiti sebagian besar orang zaman sekarang diakibatkan karena gaya hidup hedonis manusia modern. Kesibukan kerja dan aktivitas yang bejibun membuat mereka lupa akan hak yang harus ditunaikan terhadap tubuhnya. Makanan serba instan alias junk food terpaksa menjadi konsumsi rutin harian mereka. Hal itu diperparah dengan pola makan tidak teratur dan waktu istirahat yang kurang, resiko dan konsekuensi yang harus diterima ketika mereka abai dan mengorbankan kesehatan mereka sendiri demi ambisi dan nafsu yang tidak terkendali.

Tak ayal, tegasnya, banyak sekarang didapati jenis penyakit tidak menular yang menyerang manusia modern zaman now. Hipertensi atau orang sering menyebutnya darah tinggi, obesitas (kegemukan), diabetes militus (penyakit gula), jantung dan gagal ginjal menjadi peringkat pertama yang mendominasi pasien berobat di rumah sakit. Masih menurut dr. Adi, trend penyakit itu tidak hanya bersemayam di kalangan usia lanjut, tapi sekarang marak pula di kalangan anak baru gede yang terjangkit penyakit itu.

Maka, putus dr.Adi tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindari dan meminimalisir potensi segala jenis penyakit tersebut yang diakibatkan dari pola hidup tidak sehat diantaranya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, selalu berpikir positif, membudayakan hidup bersih, manajemen waktu yang baik dan melibatkan diri dengan lingkungan sosial yang baik. dr. Adi menyarankan untuk senantiasa membiasakan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, minimal sehari 30 menit. Pola makan yang teratur dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, diusahakan mengurangi ngemil dan sebisa mungkin menghindari junk food, tukas dokter alumnus Assalaam itu.

 

 

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest