BUKUPEDIA#2 : Seminar Kepenulisan bersama Tere Liye “Talk Less, Write More” Menciptakan Generasi Muda Cinta Literasi

SLEMAN – Masalah literasi menjadi perhatian utama bagi banyak bangsa, terutama bangsa Indonesia. Minat literasi yang menurun menjadi pekerjaan bagi seluruh rakyat kita. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk memajukan literasi bangsa kita?

Menjawab pertanyaan ini, pihak PR IPM PPM MBS Putri Sleman yang diprakarsai oleh Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP),  mengadakan acara Seminar Kepenulisan bersama Tere Liye yang dikemas dalam rangkaian acara BUKUPEDIA#2.

Acara yang memasuki tahun kedua ini dilaksanakan pada hari Sabtu (2/03) yang bertempat di Hall Utama Kompleks Gedung Kelas Putri PPM MBS Sleman. Mengambil tema “Talk Less, Write More”, Tere Liye mengajak para peserta agar lebih disiplin lagi dalam mengembangkan sebuah tulisan.

Topik yang diangkat dalam seminar ini lebih mengutamakan bagaimana cara seorang penulis agar mampu membuat sebuah tulisan dari sudut pandang yang berbeda. Beliau juga menyampaikan beberapa tips untuk para peserta agar senantiasa membaca dan berlatih, sebab membaca dan berlatih menulis adalah hal yang wajib bagi seorang penulis.

Tere Liye, sebagai narasumber berhasil membawakan jalan acara seminar yang biasanya terlihat formal, menjadi penuh canda tawa. Kisah – kisah perjuangan dan bagaimana akhirnya beliau masuk dalam dunia kepenulisan juga disampaikan dalam acara yang berhasil menyedot perhatian 300 peserta yang terdiri dari santriwati PPM MBS Putri Sleman, pelajar, mahasiswa, dan kalangan pendidik.

“Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu, dan waktu terbaik kedua untuk menanam pohon adalah hari ini. Tidak perlu menunggu 20 tahun lagi, mungkin 5 hingga 6 tahun lagi, pohonmu akan berbuah lebat,” ucap Tere Liye yang mengutip salah satu nasehat lama.

Acara Seminar Kepenulisan ini ditutup dengan penyerahan cinderamata yang diberikan langsung oleh Sekretaris PPM MBS Sleman, Ustadz Fauzan Yakhsya, S.Hum , selaku perwakilan dari Pimpinan PPM MBS Sleman.

BUKUPEDIA sendiri merupakan salah satu kegiatan PR IPM PPM MBS Putri Sleman dalam mengampanyekan gerakan literasi di lingkungan PPM MBS Sleman dan sekitarnya. Pada tahun sebelumnya, pihak panitia berhasil mendatangkan Asma Nadia sebagai narasumber.

 

Presented by. Sulistyorini, Bagian PIP (Pengkajian Ilmu Pengetahuan) IPM Putri PPM MBS Sleman

Streaming klik disini atau kunjungi channel youtube MBS TV Yogyakarta di www.youtube.com/c/MBSTVYogyakarta

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest