PR IPM Putri MBS Gelar Seminar AlQuran Dan Sains

Kamis malam, seluruh santriwati PPM MBS Sleman Yogyakarta terlibat dalam acara Seminar AlQuran dan Sains. Acara yang digagas bagian Kajian Dakwah Islam (KDI) IPM Putri ini mengangkat tema ‘Mentadabburi Alquran dengan Sains’. Menghadirkan narasumber Wakil Rektor UMS Ustadz DR. Muhammad Da’i, M. Si, Apt, acara yang digalang ukhti Farikha Syifa’u berlangsung menarik. Diawali dengan pembacaan kalam ilahi yang kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia kegiatan. Dalam sambutannya, Farikha biasa teman-temannya menyapa menegaskan kegiatan ini diadakan dalam rangka realisasi program kerja dari bagian KDI. Adapun tema yang kami usung pada malam hari ini tentang tadabbur Alquran. Dipilihnya tema ini karena masih banyak misteri dari Alquran yang belum terungkap dan terpecahkan, selain itu masih sedikit sekali dari kita terutama umat islam yang interest untuk mengkaji lebih dalam akan ilmu yang terkandung di dalamnya. Masih dalam penuturannya, santriwati kelas XI IPA 4 ini kembali menuturkan, harapan kami setelah diadakan acara ini ghirah kita untuk menyelami Alquran lebih intens lagi, sehingga kita akan semakin cinta dan menjadikan Alquran senantiasa menjadi pedoman dan petunjuk dalam hidup kita, pungkasnya.

Selain ketua panitia acara, Resta Dhuhratun Nisak ( Ketua IPM Putri ) dan Ustadz Didik Riyanta, S. Sos.I ( Wadir I ) juga berkesempatan memberikan sambutan. Sebelum akhirnya pembawa acara resmi menyerahkan jalannya acara kepada moderator. Ustadz Suko Nugroho, S. Pd yang didaulat menjadi moderator memandu jalannya acara pada malam itu. Dengan gayanya yang khas, ustadz pengampu mapel Geografi ini mengawali acara dengan mengutip beberapa ayat Alquran yang berhubungan dengan sains. Menyempurnakan muqaddimah dari ustadz Suko selaku moderator, Ustadz Muhammad Da’i yang sudah siap dengan pemaparan materinya menyapa anak-anak dengan salam. Membuka taushiyah dengan pertanyaan menarik, pria asli Tengaran Salatiga yang mendapatkan gelar Doktoralnya di Universitas Gajah Mada ini mengupas tuntas materi yang disuguhkan anak-anak. Dihadapan 900 santriwati yang memadati tempat acara, Ustadz Da’i yang juga menjabat sebagai wakil Rektor UMS bidang akademik menyampaikan materi seputar Sains Alquran.

Dalam kesimpulan isi taushiyahnya beliau menegaskan tentang bukti kebenaran Alquran yang diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk dan rahmatan lil’alamin. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia untuk meneliti dari tiap fenomena yang terjadi di alam kita sebagai bukti kebesaranNya. Sekaligus sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap segala nikmatNya. Yang terpenting adalah seluruh penelitian terhadap ayat-ayat Alquran lewat pengetahuan harus didasari iman, agar dalam penelitian tidak hanya bertambah dari sisi pengetahuan, akan tetapi juga keimanan kita. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar materi, sebelum akhirnya diakhiri dengan penyerahan plakat beserta kenang-kenangan dan dipungkasi dengan doa kafaratul majelis.

 

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest