THE YOUTH, THE HOPE

PEMBUKAAN LANGUAGE FESTIVAL 2018

 

SLEMAN – PR IPM PPM MBS Putri Sleman kembali menghadirkan salah satu event tahunannya, Language Festival (LAVAL). Perlombaan bahasa ini digelar mulai Kamis, 1 Februari 2018 – Jum’at, 16 Februari 2018. Kamis (01/02) malam tadi menjadi seremonial pembukaan untuk acara yang diprakarsai oleh Departemen Bahasa PPM IPM MBS Putri Sleman.

LAVAL 2018 kali ini mengambil dua tema dengan Bahasa Arab dan Inggris. Tema dalam Bahasa Inggris sendiri berbunyi “All the World is Laboratory to the Inquaring Mind”, dan “Inna lughata juz’un minnaddinikum” dalam Bahasa Arab.

Kemeriahan pembukaan mulai tampak saat 4 Master of Ceremony (MC) menaiki panggung. Para santriwati yang hadir turut menyemarakan dengan mengibarkan bendera warna – warni yang disediakan panitia. Hal yang berbeda terlihat saat para MC membawakan teks pembukaan dengan bahasa yang berbeda – beda. Bila biasanya hanya menggunakan trilingual, Indonesia – Arab – Inggris, kali ini ada gebrakan baru, yakni penggunaan Bahasa Jepang oleh MC pembukaan. Para santriwati yang awalnya tak menyadari, dibuat terkesima oleh penampilan santriwati kelas 5, selaku MC Bahasa Jepang,  Putri Nabilah Aqilah (kelas XI IPA 4, asal Situbondo).

Hadir pula dalam pembukaan ini Pimpinan PPM MBS Sleman yang diwakilkan oleh Wadir II Bidang Kema’hadan, AlUstadz Faqihuddin, Lc , para pembina PPM MBS Putri Sleman, dan tentunya para santriwati dari kelas 1 hingga kelas 6 PPM MBS Putri Sleman.

Rentetan sambutan kemudian dibawakan secara bergilir oleh pihak yang bersangkutan. Ketua Panitia LAVAL 2018, Amanda Dheazetta Sugandi maju sebagai pemberi sambutan pertama. Santri asal Temanggung ini membawakan sambutan yang berisi ungkapan terima kasih dan ajakan untuk berbahasa menggunakan Bahasa Arab dan Inggris yang lancar.

Ketua PR IPM MBS Putri, Resta Dhuhratun Nisak tampil sebagai pemberi sambutan kedua. Ia menyampaikan apresiasi atas acara ini dan berharap seluruh santriwati dapat memanfaatkan LAVAL sebagai media dalam berbahasa yang lebih baik. “Saat kita menguasai bahasa yang baik dan benar, kita mampu menguasai dunia. Bahasa sebgai pencetak generasi berkemajuan,” ungkap santri kelas XI IPS 4 ini dalam sambutannya.

Acara kemudian dibuka secara simbolis oleh AlUstadz Faqihuddin, Lc , setelah beliau memberikan testimoni mengenai bahasa. “Bahasa merupakan kunci segalanya, petunjuk bagi segala sesuatu. Mulai dari sendiri belajar berbahasa yang baik dan benar. Lewat acara LAVAL ini, semoga para santriwati dapat memanfaatkannya sebaik mungkin,” ucap beliau disela – sela pembukaan.

Selain pembukaan secara formal, adapula sesi informal untuk sosialisasi jargon dan yel – yel untuk LAVAL 2018 ini.  Adapula penayangan video promosi LAVAL 2018 oleh berbagai pihak, seperti Ketua Umum PP IPM periode 2016 – 2018, Velandani Prakoso , Biksu Wanita asal Myanmar, Mahasiswa Universitas Al – Azhar asal Norwegia, Abu Bakar , Tim dari Institute Wonderful Education Medan, Pengajar Bahasa Inggris di Kalimantan, Wisatawan asal Belanda, Dosen Universitas Al – Azhar, dan Alumni sekaligus mantan Ketua Departemen Bahasa PR IPM MBS Putri periode 2015 – 2016, Nur Aini Dwi Rahmawati.

Are you ready? Lets come join us!

Noly Setiyadi
HUMAS MBS Yogyakarta bagian IT dan Web
Guru Matematika di PPM MBS Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest