Ajang Kreasi dan Prestasi Anak (AKIRA

Sabtu pagi, ditengah guyuran hujan yang membasahi area SDM MBS kompleks Islamic Center Muhammadiyah Prambanan, puluhan mobil terlihat terparkir rapi di sepanjang jalan dusun Plempoh. Ratusan anak-anak dari berbagai sekolah tingkat PAUD dan TK se-DIY Jateng memenuhi Masjid Al Birr. Adalah AKIRA, Ajang Kreasi dan Prestasi Anak, asbab wurud datangnya mereka ke kompleks Islamic Center Muhammadiyah Prambanan.

Acara yang digelar dalam rangkaian kesyukuran Milad Satu Dasawarsa MBS ini memperlombakan beraneka ragam skill kontes. Dimulai dari lomba mewarnai, adu skill menyanyi, hafalan doa sehari-hari, hafalan bacaan sholat, hafalan hadits dan hafalan juz amma. Walaupun hujan belum juga reda, tidak menyurutkan animo peserta untuk terus berdatangan ke area perlombaan. Alhamdulillah, jumlah peserta lomba AKIRA pagi hari ini lebih dari yang kita targetkan. Beruntung kita punya kompleks Islamic Center Muhammadiyah Prambanan yang mampu menampung banyaknya jumlah peserta, terang Eko Priyo Agus Nugroho, S.Pd.I kordinator lomba yang juga Waka SDM MBS Prambanan.

 

Akhi Fajar dan Akhi Sultan, santriwan kelas XII yang didapuk menjadi MC  pada pagi hari itu membuka acara. Diawali dengan pembacaan ayat suci alquran secara berjamaah yang dibawakan santri SD MBS Prambanan, dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia lomba, sebelum akhirnya pukul 08.30 tepat lomba dimulai.

Disamping ajang skill kontes panitia juga menghadirkan The-Q dan Kak Bimo sebagai bintang tamu. Kehadiran The-Q dan Kak Bimo menjadikan gelaran lomba semakin meriah. Digawangi Kak Budi, grup musik binaan Lembaga

Seni Budaya dan Olahraga ( LSBO ) Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini menyedot perhatian peserta lomba. Dengan seragam serba putih, The-Q membawakan tembang ciptaannya sendiri.

Setelah disuguhi tembang islami dari The-Q, giliran kak Bimo menghibur dan mengocok perut para peserta lomba. Dengan gaya mendongengnya yang khas, dipadukan kemampuannya menirukan berbagai jenis suara, membuat seluruh peserta yang didominasi anak-anak ini tidak berhenti untuk tertawa.

 

Sekitar 60 menit Kak Bimo mendongeng, banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari kisah yang diceritakan kak Bimo,terutama menyangkut pendidikan karakter bagi anak-anak. Sebelum akhirnya, tepat sepuluh menit sebelum adzan dhuhur berkumandang Kak Bimo mengakhiri ceritanya.

Saat-saat yang ditunggu akhirnya datang juga, jantung para peserta lomba AKIRA dari PAUD dan TK yang berkumpul di panggung acara dibuat berdegup kencang tatkala Kak Sultan dan kak Fajar membacakan hasil lomba. Satu persatu hasil lomba AKIRA Ajang Kreasi dan Prestasi Anak mulai dibacakan.

Diawali dari ajang lomba menyanyi, nama Yasmine Ayshanda Maulida Kalo dari TK Pertiwi 7 berhasil mengeliminir kontestan lainnya dengan meraih juara I.

Dilanjutkan dari cabang lomba hafalan hadits TK ABA Bayen mencatatkan salah satu peserta terbaiknya atas nama Alifia Shafa Ahmadinta dengan meraih point tertinggi.

Di cabang sholat berjamaah TK ABA Tlogo menjadi yang terbaik. Delisha Zianka dari TK Al Islam berhasil menyabet juara I lomba mewarnai. Gelaran AKIRA disudahi dengan mengusung TK Baitussalaam Prambanan sebagai juara umum ajang yang diselenggarakan dalam rangka kesyukuran Milad Satu Dasawarsa MBS.

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest