Seleksi Duta Lingkungan Hidup, Persiapan Menuju MBS Berwawasan Lingkungan Hidup

Masih ingat dengan kemenangan MBS pada perlombaan Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup? Ya, tentu kemengan itu akan membawa MBS mewakili Kabupaten Sleman menuju ke tingkat provinsi dalam perlombaan yang sama. Prestasi membanggakan itu ternyata telah memotivasi santrinya untuk lebih aktif menuangkan ide-ide kreatifnya dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang lebih hijau.

Sehubungan dengan hal tersebut, IPM PPM MBS Putri Sleman Yogyakarta berinisiatif untuk membuat sebuah forum yang berkaitan dengan lingkungan hidup, dimana dalam forum tersebut mereka dapat menuangkan ide-ide kreatif mereka dalam rangka penghijuan lingkungan sekolah. Forum tersebut bernama Duta Lingkungan Hidup.

Untuk dapat bergabung dalam forum tersebut, IPM PPM MBS Putri Sleman Yogyakarta, khususnya bagian Kebersihan dan Lingkungan Hidup, mengadakan seleksi untuk dapat menyaring anak-anak yang berkompeten dan aktif serta memiliki ide-ide kreatif dan mau berkecimpung langsung dalam proses penghijauan lingkungan sekolah.

Seleksi untuk dapat menjadi anggota Duta Lingkungan Hidup telah berhasil dilaksanan pada Hari Jumat, 17 Desember 2017 dan bertempat di Komplek Gedung PPM MBS Putri Sleman Yogyakarta. Untuk dapat menjadi anggota forum tersebut, para santri harus mengikuti proses seleksi yang ada. Pertama, para santri harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi nama dan motivasi mereka untuk menjadi anggota dalam lembar yang telah disediakan. Kemudian, mereka harus menyiapkan jawaban terbaik mereka untuk menjawab beberpa butir pertanyaan yang diajukan pada saat test tertulis dan test wawancara. Yang mewawancarai pada saat test wawancara adalah IPM Putri, khususnya bagian Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Seleksi tersebut diikuti oleh santri dari berbagai kalangan kelas, khusunya kelas 7, 8, 10, dan Takhassus. Dari 108 santri yang mendaftar, hanya 50 oranglah yang dirasa mampu untuk menjadi anggota Duta Lingkungan Hidup. Nama-nama yang berhasil lolos telah diumumkan pada Hari Jumat (17/12)  untuk kemudian dilantik oleh IPM. Proses pelantikan insya Allah akan dilaksanakan pada 26 Januari 2018.

Selain sebagai wadah baru bagi santri dalam menuangkan ide-ide solutif dan kreatif mereka, Duta Lingkungan Hidup juga dirintis sekaligus untuk persiapan penghijauan MBS untuk maju ke tingkat provinsi yang proses penilaiannya akan dilaksanakan pada Bulan April 2018.

 

 

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest