Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan

Beberapa hari terakhir ada yang berbeda dari Perpustakaan MBS Putri Sleman Yogyakarta.  Aktivitas perpustakaan sibuk dari biasanya. Lima rak kayu yang semula berwarna cokelat disulap menjadi perak. Buku-buku yang berserakan di dalam perpustakaan, diklasifikasikan sesuai bidangnya.

Ini merupakan salah satu perwujudan program kerja Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) PR IPM PPM MBS Putri Sleman Yogyakarta dalam penataan perpustakaan. Penataan ini dimaksudkan agar perpustakaan dapat menjadi sarana penunjang pendidikan yang nyaman bagi para santriwati. Penataan perpustakaan juga salah satu bentuk kepeduliaan PR IPM MBS Putri dalam meningkatkan minat baca santriwati.

Selain penataan perpustakaan , ada program lain yang digaungkan Bidang PIP PR IPM PPM MBS Putri dalam meningkatkan minat baca santri. Pengadaan Reading Corner yang dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum’at serta hari-hari libur lainnya, merupakan sarana dimana santriwati dapat membaca buku-buku yang disediakan. Animo para santriwati pun cukup tinggi dalam pengadaan Reading Corner ini. Hal ini dapat dilihat dengan penuhnya ruangan yang menjadi tempat Reading Corner. Catatan Peminjaman Buku pun tak hanya satu lembar dalam sekali membuka Reading Corner. Bahkan bisa menghabiskan 3 lembar dalam sekali membuka Reading Corner.

Data ini menunjukkan bahwa minat baca santriwati MBS cukup tinggi. Sayangnya, sarana penunjang bacaan dirasa tak cukup memadai. Oleh karena itu, penataan perpustakaaan ini dapat menjadi jawaban atas problematika tersebut. Penataan perpustakaan ini juga dalam rangka menyambut Dasarwasa MBS Yogyakarta yang akan berlangsung pada bulan Januari 2018 esok.

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest