IPM Putri Gelar Tahajjud Akbar

Jum’at(8/12) itu menjadi hari yang berbeda bagi ratusan santriwati PPM MBS Putri Yogyakarta. Pasalnya, pagi itu menjadi perdana dilaksanakannya kegiatan Tahajud Akbar yang diprakarsai oleh Bidang Takmir PR IPM PPM MBS Putri.

Sejak Kamis(7/12) sore, persiapan untuk Tahajud Akbar ini sudah dimulai. Penggelaran tikar-tikar yang digunakan menjadi alas sholat, serta pengukuran dan pelurusan arah kiblat juga dilakukan oleh pengurus IPM sebagai persiapan menyambut kegiatan ini.

Walau dalam pelaksanaannya sempat turun hujan beberapa saat sebelum sholat dimulai, tetapi kegiatan ini tetap berjalan lancar. Suasana islami dan tenang terasa sekali dalam tiap takbir yang berkumandang

Dalam tausiyah yang disampaikan setelah sholat Tahajud, Ustadz Muflikh Najib, selaku imam Tahajud Akbar, menyampaikan akan pentingnya menjaga diri dari segala kemaksiatan. Beliau pun mengutip salah satu syair Imam Syafi’i yang berbicara tentang korelasi antara ilmu dan menjaga diri maksiat.

Kabag Kemahadan Putri ini juga mengapresiasi kegiatan ini. “Ini perdana dalam sejarah MBS Putri. Kalau bisa, dilaksanakan setahun dua kali atau sekali dalam semester. Pun kalau bisa, sebulan sekali Tahajud Akbar ini dilaksanakan,”ucap beliau dalam penghujung tausiyahnya.

Gagasan Tahajud Akbar ini sebelumnya diawali dengan Tahajud Akbar per asrama. Tahajud Akbar per asrama dilaksanakan di tempat sholat masing-masing asrama. Waktu pelaksanaannya setiap Jum’at pagi, kecuali minggu kedua.

Tahajud Akbar kemudian dilanjutkan dengan Sholat Shubuh Akbar yang dipimpin oleh Ustadzah Aminatul. Harapannya, selain penguatan iman, Tahajud Akbar ini bisa menjadi media ukhuwah antar santriwati PPM MBS Putri Yogyakarta.

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest