MBS Jogja Menyambut Musim Penghujan

Memasuki musim penghujan tahun ini Muhamadiyah Boarding School (MBS) Jogja berbenah. Ustad Wardi selaku sebagai kepala pembangunan dan prawatan bangunan pondok mengatakan bahwa pondok MBS berbenah seperti membuat saluran drainase di kompleks kelas putra dan kompleks kelas putri,  dan mebuat sumur-sumur peresapan.

Sumur peresapan yang terinspirasi oleh konsep sumur Biopori ini dibuat sebanyak 25 buah, 15 buah sumur ada di kompleks kampus putri dan 10 sumur di kompleks kampus putra. Sumur-sumur peresapan ini dibuat dengan bentuk lubang silindris yang dibuat vertikal kedalam tanah sebagai metode peresapan air hujan dan meningkatkan daya resap tanah. sehingga potensi banjir dapat diminimalisir.

Pembuatan sumur-sumur peresapan yang ada di MBS ini di modifikasi dengan cara menghubungkan dengan saluran-saluran drainase sehingga debit air hujan  yang ada di saluran sebagaian besar akan dapat tertampung di sumur peresapan. Masing-masing sumur ini di buat dengan kedalaman 3 meter  dengan menggunnakan buis buis cor. Harapan dibuatnya sumur peresapan ini ini adalah dapat menampung air hujan lebih banyak, mengurangi potensi banjir, dan menjadi ladang penyimpanan air di musim kemarau. Selain itu Ustad Wardi mennjelaskan bahwa MBS juga membuat jembatan baru yang menuju kompleks kampus putra dengan ukuran 70 x 8 meter dengan tinggi 70 cm harapan dibangunnya jembatan ini adalah gorong-gorong jembatan yang selama ini tidak mampu menampung jalannya air dapat menampung sehingga tidak ada genangan air.

Ditemui secara terpisah Pak Kardiyono kepala kebersihan dan taman mengatakan musim penghujan ini adalah momentum untuk lebih banyak menanam pohon baik sebagai penghijauan dan juga tamanisasi. Selain itu ia juga menyatakan bavhwa musim penghujan ini juga mengadakan pemangkasan dahan dahan pohon perindang yang terlalu lebat hal ini dimaksudkan agar pohon tersebut tidak roboh saat terterjang angin. Selain itu juga agar tanaman semakin subur ia melakukan pemupukan secara rutin dengan menggunakan pupuk kandang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest