Ujian Seleksi Santri Baru Gelombang Satu

Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jogjakarta hari ini melaksanakan tes seleksi calon santri baru untuk jenjang SMP dan SMA. Sebanyak 625 santri dari Sabang sampai Merauke telah mendaftarkan diri di PPM MBS guna mengikuti ujian tes seleksi.  Santri luar pulau Jawa yang sudah mengikuti ujian sebanyak 60 calon santri baik  dari  Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan selatan, Kep. Riau, dan Lampung  dan Palembang sudah mengikuti ujian sebanyak 60 santri. Dari total keseluruhan pendaftar sebanyak 32 calon santri mengikuti jalur prestasi dan 565 calon santri mengikuti ujian tulis.

Ujian seleksi calon santri baru dilaksanakan di kompleks kampus putri tepatnya di kompleks kelas putri.  Ujian  baik ujian tulis, wawancara calon santri dan calon walisantri beserta ukur seragam dilaksakan dalam satu kesempatan secara berurut. Calon santri mengikuti ujian tulis terlebih dahulu, baru ujian wawancara dan baca Al-Qur’an  dan diahiri ukur seragam. Saat calon santri mengikuti ujian tulis calon wali mengikuti wawancara dengan panitia.

 

Rangakaian ujian tes seleksi masuk pondok MBS kali ini terasa sangat istimewa. Hal ini bertepatan dengan menyongsong satu dasawarsa MBS yang jatuh pada tanggal 20 Januari 2018. Dalam sambutannya Direktur PPM MBS Jogjakarta Ustad Fajar Shadik menekankan pentingnya niat yang lurus untuk menyekolahkan putra putrinya ke MBS. Ustad Fajar menekankan bahwa niat menyekolahkan ke MBS harus benar yaitu untuk menolong agama ALLAH bukan yang lain. kalo hanya untuk mencari ijazah atau prestasi keduniaan menurut beliau sangat rugi dan mohon untuk dipertimbangkan kembali.

Ustad  Fajar juga menekankan bahwa ukuran calon santri agar diterima masuk MBS Jogjakarta syaratnya mudah, yaitu harus lolos tes seleksi baik tulis maupun wawancara, dan membayar registrasi yang sudah di tentukan jika sudah dinyatakan diterima. Tahun ajaran baru 2018/2019 kuota yang dimiliki MBS untuk jenjang SMP ada 12 kelas (10 MBS Pusat dan 2 kelas MBS 2) dan untuk kuota jenjang SMA ada 8 kelas. Mendengar pemaparan direktur MBS wali santri harap-harap cemas dan mengharapkan seluruh calon santri yang datang hari ini dapat diterima semua menjadi santri MBS Jogjakarta.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest