Belajar Langsung di Museum

Senin 30 Oktober 2017 adalah hari yang istimewa bagi 66 santri putra kls 12 IPA 1 dan IPS 1.  Di bawah pengawasan Ustad Resi Sadewa Permana, M.Sc.  ustad Wiji Santoso, S.Pd. dan Ustad M. Amirul Mukminin, S.Pd. melakukan pembelajaran langsung di museum. Rombongan di lepas oleh jajaran pimpinan MBS dan dipesankan agar selama kegiatan berlangsung santri agar tetap menjaga etika baik dan mengikuti satu demi satu acara dengan sebaik baiknya.

Kegiatan berlangsung di 3 tempat museum yaitu museum Dewantra Kirti Griya, Museum Pura Pakualaman, dan museum Panglima Besar Jendral Sudirman. Kegiatan ini adalah kegiatan yang menjadi program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan D.I.Y. dengan tema wajib kunjung Museum. Alhamdulilah MBS lewat Ustazah Wahyu Widi Asih, S.Pd. berhasil mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ketiga musseum tersebut sebagai hadiah dari program wajib kunjung museum tersebut.

Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya merupakan museum peninggalan dari tokoh pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara yang berupa rumah dan pendapa. Selain itu, museum juga menampilkan koleksi peninggalan barang-barang yang dipakai oleh beliau beserta keluarga. Museum Pura Pakualaman. Museum tersebut berisi benda-benda bersejarah peninggalan masa Sri Pakualam I sampai Sri Pakualam VIII. Museum tersebut dikelola secara swadaya oleh keluarga Kraton Pura Pakualaman. Museum Sasmitaloka Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman​ adalah museum sejarah dengan koleksi mengenai perjuangan Jenderal Sudirman .

Santri-santri MBS sangat antusias mengikuti jalannya agenda kunjungan ke museum tersebut dan berharap ada program program lainnya yang dapat diikuti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest