MABIT SD MBS

Dalam Islam, antara iman, ilmu dan amal terdapat hubungan yang terintegrasi  kedalam agama islam. Islam adalah agama wahyu yang mengatur system kehidupan. Dalam Islam terkandung tiga ruang lingkup, yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak. Sedangkan iman, ilmu dan amal berorientasi terhadap rukun Islam yaitu tentang cara ibadah dan pengamalannya. Konsep pendidikan seimbang inilah yang diterapkan di MBS Yogyarta.

Dalam rangka membina dan menguatkan Iman Ilmu dan Amal, SD Muhammadiyah “MBS” Prambanan mengadakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa untuk kelas 3. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Sabtu 23 September 2017 sampai 24 September 2017 dan tempatnya di kampus SD MBS Prambanan. Kegiatan ini diikuti 40 anak yang semuanya kelas 3. Anak-anak didampingi langsung oleh ustadz dan ustadzahnya selama Mabit.

Kegiatan MABIT ini merupakan program rutin yang ada di SD Muhammadiyah “MBS” Prambanan dan akan dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Kegiatan MABIT ini dalam rangka untuk melatih kemandirian anak, membina anak-anak dalam hal amal yaumi (peribadatan setiap hari) dan juga motivasi bagi anak dalam belajar. Adapun rangkaian kegiatanya sholat fardhu dimasjid, tadarus Al Qur’an, murajaah hafalan, Shalat Qiyamul Lail selain itu juga ada materi motivasi belajar yang disampaikan oleh ustadz Eko Priyo Agus Nugroho, S.Pd.I dan motivasi keteladanan sahabat Nabi Muhammad yaitu Bilal bin Rabbah oleh Ustadz Muhammad Rizal, S.Kom.I. Dari rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan bekal pada anak-anak dan menguatkan ruhiyahnya.

Mabit ini disambut bahagia oleh anak-anak, gelak tawa, gemuruh di selasar kelas. Bahkan ada yang meminta untuk setiap hari sabtu diadakan acara MABIT. Di acara penutupan anak-anak diminta menyampaikan kesannya pada acara MABIT, “acaranya seru ustadz.” Kata Rinno sedangkan Hafi mengajak membuat kesepakatan dengan temannya, “besuk acaranya dibuat lebih seru lagi, setuju tidak teman-teman?” serentak menjawab, “setujuuuu……………!!!” sama halnya dengan Aqilah Hanani perwakilan kelas ukhti,”Seru ustadz….”

Alhamdulillah, responnya sangat bagus sehingga kedepannya akan dibuat acara yang lebih menarik dan lebih terstruktur untuk materinya, dengan harapan semoga itu bisa membangun karakter anak-anak menjadi generasi yang unggul dan berkepribadian Islami. Allahumma aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest